Spesifikasi Kawasaki Z800

2:23 PM
Spesifikasi Kawasaki Z800 - PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) akhirnya melengkapi sepeda motor kelas premium dari seri Z-nya. Jika publik lebih sibuk membicarakan seri Ninja ZX-10R yang merupakan motor beraura balap, maka tak lantas hal ini membuat PT KMI ‘melupakan’ keluarga Kawasaki Z. Ya, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai Kawasaki Z800 yang merupakan salah satu seri tertinggi dari keluarga Kawasaki Z Series. Sedikit flashback, motor bergenre street fighter Kawasaki Z800 sendiri pertama kali dihadirkan di Indonesia pada tahun 2013 silam. Di saat penggemar moge di Indonesia sedang digandrungi tipe motor sport ber-cc besar, Z800 berhasil mencari perhatian di segmen motor street fighter bersama Ninja ER6 N. Kawasaki Z800 dikenal sebagai moge bergaya street fighter yang memiliki performa ganas dan akselerasi mantap. Bodi berotot dengan tampang lumayan ‘seram’ tetap tercermin pada sosok baru Kawasaki Z800 ini. PT KMI pun menghadirkan Z800 sekaligus memperingati usia Kawasaki seri Z yang kini genap berusia 40 tahun. So, Kawasaki Z800 ini pun dihadirkan guna memberikan impresi berkendara yang lebih eksklusif.


Kawasaki Z800 versi 2015 yang diumumkan September ini merupakan versi update dari seri Z800 sebelumnya. Meski ubahannya tak terlalu mencolok, namun Z800 generasi terbaru ini tetap memberikan aura segar yang tercermin pada konsep bodinya yang lebih agresif. Sebagai motor premium, Kawasaki Z800 tetap dibekali mesin ‘gahar’ berupa mesin DOHC 4-stroke segaris 16 katup dengan kubikasi mencapai 806 cc. Kehadiran mesin tersebut akan memberikan tarikan yang mantap diiringi dengan performa stabil saat Kawasaki Z800 diajak melaju pada speed tinggi. Mesin berpendingin cairan itupun telah menggunakan teknologi Fuel Injection pada sistem bahan bakarnya yang akan menghasilkan pembakaran lebih sempurna di ruang dapur pacunya. Untuk memberikan efek ‘tongkrongan’ yang gagah, sebenarnya Kawasaki Z800 ini dibangun dengan dasar sasis milik Kawasaki Z750, namun dengan penyempurnaan pada bagian subframe aluminium pada setiap sisi engine yang membuat getaran pada mesin menjadi lebih halus. Nah, untuk mengetahui lebih jelas mengenai moge street fighter terbaru dari Kawasaki ini, Mas Sena sudah menyiapkan ulasan lengkap spesifikasi dan harga Kawasaki Z800 pada segmen-segmen di bawah ini. Silahkan simak, Bro!

Spesifikasi Kawasaki Z800

Moge Bergaya Street Fighter dengan Desain Bodi Agresif

Seperti yang kita ketahui, bahwa spesifikasi Kawasaki Z800 memiliki desain bodi yang kental dengan aura street fighter sejati. Dengan desain yang gambot penuh lekukan tajam, Z800 benar-benar terlihat gagah seperti motor berkubikasi di atas 1.000 cc. Dimulai dari desain headlamp, kesan galak langsung terlihat dari desain headlamp Kawasaki Z800 ini. Berbentuk seperti predator, headlamp motor baru dari Kawasaki ini terlihat begitu ‘bengis’. Dari samping, bodi Z800 juga menampilkan kesan yang gagah dengan bagian upper engine berdesain melengkung yang dipadukan dengan shrouds yang kali ini ditempatkan lebih rendah. Konsep bodi Kawasaki Z800 yang baru ini membuat aura street fighter lebih kentara. Untuk bagian jok, motor baru ini sudah menganut model jok terpisah atau split sehingga motor ini akan nyaman bagi pemboncengnya. Kemudian, pada bagian lampu belakang Kawasaki Z800 sudah mengadopsi desain lampu LED taillight yang berbentuk lebih slim, namun tetap cantik. Kesan gahar pada motor baru besutan Kawasaki ini pun ditambah dengan penutup mesin atau under cowl yang bersudut tajam. Beranjak ke bagian mesin, semua part luar pada mesin dilabur dengan warna hitam doff sampai pada bagian muffler, kecuali pada moncong muffler yang dipermanis dengan aksen silver. Lalu, stang yang ada pada Kawasaki Z800 juga menganut model handle bar khas motor street fighter. Spesifikasi Kawasaki Z800 pada bagian desain pun disempurnakan dengan bentuk muffler yang berukuran besar dengan bentuk yang sangat futuristik. So, style baru yang diusung oleh Z800 ini benar-benar kental beraroma street fighter.

Panel Speedometer Atraktif Full Digital

Berlanjut pada bagian speedometer dari spesifikasi Kawasaki Z800 ini. Pada panel dasboardnya, motor baru besutan Kawasaki ini pun menggunakan konsep desain speedomoter minimalis namun tetap dengan sentuhan modern. Kesan modern pada Kawasaki Z800 bisa ditemukan pada bagian speedometer yang kali ini mengusung panel full digital. Sekilas, panel dasboard pada Kawasaki Z800 ini hanya berbentuk seperti balok yang ditempatkan pas di tengah-tengah bagian kepalanya. Panel dasboard tersebut dibagi menjadi tiga bagian. Panel utama diisi oleh penunjuk speedometer, odometer, jam, serta trip meter. Lalu ada juga panel indikator Economical Riding Indicator  yang tersaji di bagian tengah panel LCD. Pada bagian samping dasboard Kawasaki Z800 terdapat indikator lampu utama serta lampu sein. Kemudian ada juga indikator penunjuk bahan bakar atau fuel meter. So, meski spesifikasi Kawasaki Z800 pada bagian panel dasboard terlihat begitu minimalis, namun telah menggunakan teknologi modern yang pastinya sangat user friendly.

Dimensi Bodi Besar namun Tetap Mampu Hasilkan Akselerasi Mantap

Tibalah pembahasan Mas Sena untuk dimensi yang ada pada spesifikasi Kawasaki Z800 ini. Sebagaimana sepeda motor bergenre street fighter sejati, tentunya dimensi yang dimiliki oleh Z800 ini berukuran cukup besar. Secara fisik, Kawasaki Z800 ini memiliki ukuran tubuh 2,100 x 800 x 1,050 mm dengan bobot mencapai 229 kg. Untuk ukuran orang Indonesia, bodi motor ini memang sangat besar, namun tetap akan nyaman jika kita sudah berada di atasnya. Untuk mendukung manuvernya, Kawasaki mendesain Kawasaki Z800 dengan jarak sumbu roda sepanjang 1.445 mm dengan ground clearance mencapai 150 mm. Bila dibandingkan dengan motor-motor gede lainnya seperti Kawasaki Z1000, Kawasaki Z800 ini memang memiliki bobot lebih berat 13 kg. Untuk bagian tangki, motor ini sanggup menampung kapasitas bahan bakar minyak maksimal 17 liter. Kapasitas tangki yang sangat besar ini akan membuat Kawasaki Z800 sangat cocok ketika diajang touring ke luar kota atau menempuh jarak yang cukup jauh. Namun yang perlu Bro dan Sis hindari adalah lalu lintas yang padat karena spesifikasi Kawasaki Z800 ini memiliki bodi yang gambot sehingga lalu lintas padat tentunya akan memberikan kesulitan tersendiri.

Kaki-kaki Kokoh dengan Dukungan Suspensi Berkualitas Tinggi

Untuk mendukung kenyamanan pengendara, spesifikasi Kawasaki Z800 sudah dilengkapi dengan kerangka berkualitas, yaitu tubular backbone chasis dengan sub frame mesin yang dibuat dengan material berkualitas tinggi. Tipe rangka seperti itu membuat Kawasaki Z800 memiliki tubuh yang kokoh dan sanggup menahan beban berat. Untuk menunjang kenyamanannya, Kawasaki seri Z800 ini pun juga sudah dibekali dengan suspensi depan berukuran 41 mm dengan invertesd fork yang dapat diatur tinggi rendahnya. Untuk suspensi bagian belakang, motor baru dari Kawasaki ini menggunakan model bottom-link unitrack yang akan memberikan kenyamanan pada pemboncengnya. Untuk memberikan rasa aman pada pengendara Kawasaki Z800, digunakanlah sistem pengereman dual disc semi floating ukuran 250 mm petal disc pada bagian depannya. Sedangkan untuk rem belakang, Kawasaki menyematkan rem tipe single disc beukuran 250 mm. Pada sektor kaki-kaki, Kawasaki Z800 dbekali dengan sepasang ban berukuran 120/70ZR17M/C (58W) untuk ban depan dan ban berukuran 180/55ZR17M/C (73W) di bagian belakang. Jika melihat spesifikasi Kawasaki Z800 di bagian kaki-kakinya, motor ini memang cocok untuk trek lurus dengan medan aspal yang mulus. Selain itu, Kawasaki tipe Z800 ini juga memiliki cornering yang bagus karena sudah menggunakan ban dan velg tapak lebar.

Spesifikasi Motor Kawasaki z800


Setelah puas mengulas pada bagian luar dari spesifikasi Kawasaki Z800, kini saatnya mengetahui perubahan apa yang ditawarkan Kawasaki di sektor dapur pacu. Untuk bagian mesin, sepertinya tak terlalu ada perubahan signifikan dengan Kawasaki Z800 versi sebelumnya. Meski begitu, Kawaski mengklaim telah melakukan pembaruan pada mesin Z800 versi baru ini menjadi lebih baik. Sama seperti versi lamanya, Kawasaki Z800 ini masih mengandalkan mesin DOHC 4-stroke in line 16 katup yang memiliki kubikasi sebesar 806 cc. Mesin tersebut mendapat pasokan bahan bakar dengan sistem injeksi menggunakan perangkat Mikuni dengan katup ganda. Dengan dukungan transmisi manual 6 percepatan, mesin Kawasaki Z800 mampu memuntahkan tenaga sebesar  83 kW atau setara dengan 113 PS pada putaran 10.200 rpm. Sementara untuk torsinya, mesin Kawasaki Z800 ini mampu menghasilkan torsi sebesar 83.0 Nm pada putaran 8.000 rpm. Jadi, secara performa mesin, Kawasaki seri Z800 ini tetap menghasilkan performa mesin yang benar-benar ganas. Tak lupa, Kawasaki pun juga menggunakan teknologi sistem pengapian digital guna menyempurnakan pembakaran di ruang mesinnya. Meski memiliki power yang cukup ‘mengerikan’, sebenarnya spesifikasi Kawasaki Z800 pada bagian mesin ini masih cocok untuk keperluan berkendara harian.

Fitur Standar Keamanan Lengkap

Sebagai sosok moge premium, tentunya spesifikasi Kawasaki Z800 juga dilengkapi dengan fitur keamanan dan kenyamanan yang sangat lengkap. Pada bagian pengereman, Kawasaki membekali motor barunya ini dengan sistem pengereman Anti-lock Braking System atau ABS. Sistem pengereman pada Kawasaki Z800 ini akan membuat proses cengkeraman rem menjadi lebih sempurna dan akan menghindarakan dari rem yang ‘mengancing’. Untuk sistem ABS pada Z800, Kawasaki menggunakan perangkat ABS buatan Nissin yang sangat berkualitas. Selain itu, Kawasaki Z800 juga memiliki fitur piggyback yang ditempatkan di bawah jok. Fitur ini berfungsi untuk meningkatkan proses pendinginan mesin serta bisa reposisi ke sisi kiri untuk menstabilkan motor. Fitur terakhir, Kawasaki Z800 dibangun dengan kombinasi desain motor yang nyaman untuk dikendarai, baik untuk keperluan riding harian maupun full akselerasi. So, spesifikasi Kawasaki Z800 ini memang sudah disesuaikan dengan karakternya yang cocok untuk harian ataupun touring ke luar kota.


Mesin
  • Tipe Liquid Cooled, 4-Stroke in Line Four, DOHC 16-Valves
  • Kapasitas Mesin 806 cc
  • Tenaga Maksimum 83.0 kW (113 PS) / 10.200 rpm
  • Torsi Maksimum 83.0 Nm (8.5 kgf.m) / 8.000 rpm
  • Rasio Kompresi 11.9:1
  • Sistem Bahan Bakar Fuel Injection 34mmx4 (Mikuni), with dual throttle valves
  • Sistem Pengapian Digital
Rangka
  • Tipe Rangka Tubular backbone (with engine sub-frame), high-tensile steel
Dimensi
  • P x L x T 2.100 mm x 800 mm x 1.050 mm
  • Berat 229 kg
  • Kapasitas Bensin 17 L
  • Jarak dengan Tanah 150 mm
  • Tinggi Jok 834 mm
  • Jarak Sumbu Roda 1.445 mm
Suspensi dan Pengereman
  • Suspensi Depan 41 mm Inverted Fork, with rebound damping and spring preload adjustability
  • Suspensi Belakang Bottom-Link Unitrack, gas charged shock with piggy back reservoir and stepless rebound damping
  • Rem Depan Dual Semi Floating 310 mm petal disc
  • Rem Belakang Single 250 mm petal disc
Transmisi

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »